Microscope from Kawaichi Sensei


Ini adalah kisah satu tahun yang lalu. Senang sekali rasanya mendapat kejutan bahwa Kawaichi sensei menawarkan mikroskop lamanya kepada saya. Alhamdulillah. Saya memang perlu mikroskop untuk di laboratorium kultur sel yang baru. Mikroskop tersebut dititipkan kepada suami saya ketika beliau mengundang suami saya untuk berkunjung ke NAIST selama 1 minggu. Mikroskop ini mikroskop lama, tapi masih berfungsi dengan baik, dan sangat terawat.

Saya pernah tinggal di Laboratory of Gene Function in Animal, NAIST, Japan selama sekitar 10 bulan. Di sana saya belajar banyak hal dan mendapatkan banyak teman. Saya sangat senang, meskipun saya masih sangat muda dan masih lulusan S2, tetapi ternyata Sensei sangat pehatian dan tidak melihat dari kedudukan seseorang. Sensei lebih melihat pada pribadi seseorang, semangat dan keinginan untuk maju dan mengembangkan sesuatu. Saya banyak mendapatkan inspirasi dari beliau.

Image

Gambar 1. Mikroskop datang dari NAIST.

Image

Gambar 2. Suami saya ketika memasang mikroskop. Mikroskop ini dipisah-pisah dahulu bagiannya, termasuk lensa dan filternya yang paling sensitif. Alhamdulillah mikroskopnya tiba dengan selamat.

Image

Gambar 3. Yippee, my new microscope from Sensei 🙂

Pertama kali saya menyalakan mikroskop ini, saking senangnya, saya langsung menghidupkan begitu saja. Karena miksroskop ini 110V, maka diperlukan transformator untuk menurunkan tegangan listrik. Sekringnya putus, tapi saya segera membeli yang baru dan bisa berfungsi lagi. Beberapa lama kemudian, lampu halogen yang terdapat di mikroskopnya pun mati, saya mencari-cari ke toko listrik lampu yang tepat. Tertulis di lampunya 6 volt, 20 watt. Saya tidak menemukan lampu yang sama meskipun sudah berkeliling-keliling. Kemudian saya mencoba lampu 6 volt 12 watt. Hanya beberapa hari saja lampu ini bertahan. Apalagi kami banyak memakai mikroskop untuk menghitung sel dalam jumlah banyak dan juga mengamati single clone di 96 well. Akhirnya saya mencoba lampu 12 volt 20 watt. Ternyata lampu ini lebih tepat dan dapat bertahan lama. 

Terima kasih Kawaichi sensei. Saya akan memperlakukan mikroskop ini dengan baik. Dan mudah-mudahan tetap terjaga selama saya pergi. Aamiin.

Leave a Reply

