Joint Seminar and Workshop (LIPI-NAIST) on “Prospects and Challenges on Recombinant Therapeutic Protein”


Protein terapeutik merupakan molekul protein yang memiliki aktivitas sebagai obat sehingga dapat digunakan untuk keperluan klinis. Sejak penemuan insulin pada tahun 1920, perkembangan penelitian dan produksi  protein terapeutik mengalami kemajuan yang sangat pesat. Saat ini lebih dari 130 protein atau peptida telah disetujui oleh Food and Drug Administration untuk digunakan dalam kepentingan klinis dan sebanyak  95 protein diantaranya diproduksi menggunakan teknologi DNA rekombinan.

Beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam melakukan produksi protein rekombinan adalah : pengetahuan mengenai pemilihan sistem ekspresi untuk memperoleh protein terapeutik dengan sifat dan aktivitas sesuai harapan; penyesuaian dengan regulasi dari badan berwenang untuk tujuan komersialisasi; penguasaan berbagai metode untuk karakterisasi dan purifikasi protein serta pengetahuan mengenai status permasalahan terkini  dari protein terapeutik dan  pemecahannya untuk melakukan pengembangan melalui modifikasi protein.

Saat ini, pemenuhan kebutuhan protein terapetik di Indonesia masih tergantung pada impor sehingga tingginya harga dan ketersediaan merupakan masalah yang tidak bisa dihindari. Berdasarkan pertimbangan tersebut, Kami bermaksud menyelenggarakan seminar dan pelatihan mengenai protein terapeutik. Acara tersebut ditujukan untuk melakukan langkah awal bersama antara berbagai pihak untuk mencapai kemandirian bangsa dalam produksi protein terapeutik (Ratih).

LEAFLET SEMINAR DAN WORKSHOP

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: