dari Vaksin Polio Oral kembali ke Vaksin Polio Injeksi


Ada 2 macam vaksin polio yang digunakan untuk vaksinasi, yaitu vaksin polio oral (OPV) yang berisi virus polio yang dilemahkan (attenuated) dan vaksin polio terinaktivasi (IPV) yang diberikan melalui injeksi subkutan. IPV mengandung virus yang telah diinaktivasi dengan menggunakan formaldehid dan harganya 5 kali lebih mahal daripada OPV.

Di US, sejak tahun 2000, penggunaan OPV sudah dihentikan dan untuk vaksinasi kembali digunakan IPV. Ada apa gerangan? Ternyata OPV menyimpan resiko berbahaya yaitu dapat mengakibatkan VAPP-vaccination-associated polio paralysis atau polio paralisis yang muncul akibat divaksinasi. Resiko kejadian polio akibat OPV adalah 1 per 2,5 dosis yang didistribusikan. Angka kejadian VAPP bahkan mencapai 1 kasus per 520.000 anak yang mendapat vaksinasi pertamanya.

Demikianlah sehingga sejak tahun 2000, OPV sudah tidak digunakan di US. Meskipun demikian, di negara berkembang maupun di negara dunia ketiga, hingga satu dekade berlalu, kenyataannya OPV masih digunakan untuk vaksinasi. Beberapa kasus VAPP mungkin muncul dan selama ini dikenal dengan istilah ‘gagal polio’. Sayangnya belum ada konfirmasi dan penelitian ilmiah yang mengungkapkan kejadian pasca vaksinasi polio. Yang seringkali muncul hanyalah testimoni dan berita-berita di koran yang kemudian hilang ditepis begitu saja. Bagaimanapun juga kita patut curiga bahwa kejadian VAPP memang terjadi akibat vaksinasi itu sendiri, apalagi munculnya kasus paralisis, meningitis, bahkan kematian balita tepat terjadi setelah vaksinasi.

Sumber:

http://children.webmd.com/vaccines/polio-vaccine-ipv

http://www.brown.edu/Courses/Bio_160/Projects1999/polio/vac.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: