Because I am a Pharmacist


Baru-baru ini saya menghadiri seminar tentang ‘translational research on cancer chemoprevention’ di Puspiptek, Serpong. Saya memiliki latar belakang penelitian mengenai kemoprevensi kanker memang. Saat itu saya mengikuti presentasi dari Dr. Raymond dari Dexa Medica Lab yang memaparkan penelitian kemoprevensi tentang fraksi aktif dari Phaleria macrocarpa, atau yang dikenal dengan Mahkota Dewa. Setelah melalui penelitian bertahun-tahun, kurang lebihnya 7 tahun, akhirnya Dexa merilis obat kanker yang berisi fraksi aktif, bernama Phalecarp.

Deg,..bergetar rasanya jantung ini. Akankah semudah itu jika kita punya dana yang cukup? Terutama untuk uji klinis. Selama ini penelitian ekstrak-ekstrak maupun fraksi yang potensial banyak yang  mandeg setelah sekedar uji in vitro, meskipun dengan penulusan mekanisme molekuler, atau uji anti-karsinogenesis in vivo.

Apakah belum ada yang menguji mahkota dewa? Banyak! Tetapi sampai dimanakah pemanfaatannya?

Kemudian, mengingat kembali Stimuno yang dikeluarkan lebih dulu oleh Dexa yang memiliki efek imunomodulator. Hanya ekstrak terstandar dari meniran. Bayangkan saja, hanya ekstrak meniran bisa jadi produk fitofarmaka yang dewasa ini sudah merambah pasaran dan banyak diresepkan.

Karena kebanyakan memang para farmasis mentok penelitiannya pada taraf in vivo. Jarang-jarang yang sampai uji klinis. Seringkali banyak dokter juga tidak mendukung penggunaan ekstrak-ekstrak dalam pengobatan karena dianggap sekedar sampah.Apakah belum ada yang menguji meniran? Banyak.  Mungkin tidak hanya satu.

Rasanya kecolongan sekali. Ingin sekali saya mendengar ada seorang farmasis, yang memang berkecimpung di bidang pengobatan, sejak dari sintesis, bioprospekting, uji farmakologis, formulasi, hingga ke tahap aplikasi klinis, menjadi seorang inovator dari obat-obatan lokal setingkat fitofarmaka yang berhasil merajai pasar.

Dan….ternyata selama ini saya salah. Terima kasih Pak Thomas atas informasinya, Pak Raymond ternyata adalah seorang farmasis, begitu juga Pak Suprapto Ma’at yang mengembangkan ekstrak meniran sebagai imunomodulator. Hanya saja beliau bekerja di fakultas kedokteran Unair.

Ayo farmasis, terus berkarya dalam bidang pengobatan!

Advertisements

5 Comments

  1. Thomas Y

    Kebetulan saya kenal Dr Raymond Tjandrawinata. Beliau bukan dokter (medical), tapi Doktor (PhD) dalam bidang Pharmacology dari UC Riverside, US. Jadi beliau adalah pharmacist bukan MD. Kita bangga dan bersyukur memiliki Dr Raymond yang meskipun berkibar di dunia International namun memilih untuk berkarya di Indonesia.

  2. terima kasih atas masukannya Pak, tulisan sudah saya edit. ternyata selama ini saya salah menyangka 🙂 maklum, anak muda jaman sekarang, hehe…

  3. Dear Friends…( t’utama Alumni Farmasi UGM 2001)..ni Blognya Endah Puji Septisetyani ( Xepty )..temen kita tercinta..yang ga bikin FB..karena NARSIS katanya..hehehe
    Lumayan bisa ngobati kangen

    • PRAKATA [dari buku : MENDESAIN MJOLEKUL OBAT SEBAGAI ANALGETIKA]

      Alhamdulillahirrobil alamin. Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan taufikNYA sehingga buku ini dapat hadir di hadapan pada pembaca. Buku ini sangat berguna bagi para mahasiswa, peneliti dan dosen Fakultas Farmasi, Kedokteran umum(termasuk keperawatan), Kedokteran Gigi, Kedokteran Hewan , MIPA Kimia dan profesi lain yang tertarik di bidang obat .
      Buku ini hadir di hadapan para pembaca sebagai respon dan tanggung jawab penulis untuk berbagi pengalaman. Penemuan obat adalah salah satu tugas profesi farmasi. Seperti diketahui selama ini penemuan obat banyak dilakukan oleh peneliti dari luar negeri.Penulis ingin mengajak para pembaca khususnya farmasis di Indonesia untuk berpartisipasi dalam penemuan obat. Demikian pula kepada para investor yang berjiwa nasionalis untuk dapat terpanggil nuraninya memajukan bangsa Indonesia khususnya Industri Farmasi .

    • ga gitu jg kali wi, klo udah FB-an, takut lupa waktu aja, hehe..anak udah 2..mending bikin2 tulisan 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: